December 11, 2020

Apa itu Virtual Reality (VR)?

“VR adalah cara untuk melarikan diri dari dunia nyata untuk menuju ke dunia yang lebih fantastis. VR memiliki potensi untuk menjadi teknologi paling sosial sepanjang masa” (Palmer Luckey, Founder of Oculus Rift)

Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi yang kini semakin populer. Bermula untuk keperluan dunia medis, aviasi, dan juga militer, kini teknologi VR juga hadir pada dunia entertainment. Hal ini pun membuat popularitas VR semakin meluas dan dapat dinikmati oleh kalangan umum. Lalu, apakah teknologi VR itu sendiri?

VR merupakan suatu konsep dimana user dapat merasakan secara nyata dari sebuah simulasi dunia maya yang diterapkan melalui teknologi komputer. Satu aspek yang penting dalam penerapan teknologi VR, bahwa user dapat berinteraksi dengan apa yang ada pada dunia maya. Contohnya dengan menggunakan VR Gloves, komputer dapat menangkap pergerakan tangan user. Dengan demikian, user seolah-olah dapat menyentuh objek yang ada pada dunia maya secara langsung.

Teknologi VR terkini umumnya diterapkan dengan menggunakan headsets VR, seperti contohnya Oculus Rift. Headsets ini meliputi sebuah ‘kacamata’ VR yang menampilkan grafik melalui dua layar. Kedua layar tersebut akan secara otomatis diproses oleh mata manusia sehingga tampak menjadi sebuah layar dengan fitur 3D grafik. Kacamata ini juga memiliki kemampuan untuk mengikuti sudut pandang dari user, sehingga kacamata VR mampu mengikuti arah pandangan user. Jika user menoleh ke arah lain, pandangan layar pun dapat bergerak ke arah yang sama.

Oculus Rift VR Gaming Headsets

Untuk dapat meningkatkan interaksi pada VR, beberapa perangkat VR pun bisa ditambah, seperti gloves dan walker, yang dapat menangkap pergerakan tangan dan kaki dari user.

References:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_virtual
  • https://idcloudhost.com/mengenal-virtual-reality-definisi-cara-kerja-contohnya/
  • https://carisinyal.com/teknologi-virtual-reality/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *