December 17, 2020

Manfaat Internet of Things

Internet of Things memberikan banyak manfaat untuk mempermudah kehidupan manusia sehari-hari. Penerapan Internet of Things banyak diterapkan pada bermacam bidang.

Adapun manfaat dari hasil penerapan Internet of Things dalam sektor pertanian, energi, lingkungan, transportasi, otomatisasi rumah, medis dan kesehatan.

Pertanian 

Beberapa hal yang dilakukan dari penerapan Internet of Things dalam sektor pertanian antara lain pengumpulan data suhu, kelembaban, curah hujan, kecepatan angin, serangan hama, serta muatan hama.

Dari data-data yang diperoleh tersebut kemudian dipakai untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh.

Manfaat Internet of Things pada sektor pertanian yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas, meminimalisir risiko, mengatasi serangan hama, dan berbagai upaya lainnya yang dibutuhkan dalam mengelola tanaman.

Contoh sederhana, saat ini para petani sudah bisa mengecek suhu dan kelembaban tanah dari jarak jauh.

Data yang diperoleh dari internet of things ini nantinya akan dibuat program pemupukan agar lebih presisi.

Energi 

Banyak perangkat yang sebagian besar menghabiskan energi terutama pada perangkat elektronik seperti lampu, televisi, kulkas dan lain-lain.

Perangkat tersebut sekarang sudah dapat terintegrasi dengan perangkat smartphone kita dengan adanya internet. Integrasi tersebut akan membuat mesin dan jaringan berinteraksi untuk menyeimbangkan pembangkitan listrik, sehingga penggunaan energi menjadi hemat dan efektif.

Pemanfaatan Internet of Things ini dapat digunakan untuk penjadwalan dalam menggunakan alat elektronik seperti untuk menyalakan lampu pada saat kondisi intensitas cahaya sudah mulai berkurang diluar rumah, mematikan Air Conditioner apabila kita berada diluar rumah dan lupa mematikannya dan lain sebagainya.

Lingkungan 

Dengan adanya pemanfaatan Internet of Things tentu dapat memantau serta melindungi suatu lingkungan.

Implementasinya yaitu dengan memantau tingkat kualitas air atau udara, kondisi atmosfer atau tanah, dan pemantauan khusus terhadap satwa liar beserta habitatnya.

Internet of Things juga bisa bermanfaat dalam penanggulangan bencana berupa sistem peringatan Tsunami atau gempa bumi.

Transportasi 

Kecanggihan Internet of Things pun juga dapat membantu sektor transportasi. Pemanfaatan teknologi Internet of Things bisa pada mesin kendaraan, infrastrukturnya dan fungsi pengemudinya.

Beberapa manfaat Internet of Things pada sistem transportasi misalnya adanya komunikasi antar dan intra kendaraan, efektivitas dalam mengontrol lalu lintas, parkir lebih cerdas, manajemen logistic dan armada, dan juga hal lain yang berkaitan dengan keselamatan berkendara di jalan.

Rumah Pintar

Perangkat Internet of Things ternyata juga mampu untuk memantau dan mengontrol sistem mekanis, dan elektronik yang digunakan pada berbagai jenis bangunan (industri dan rumah).

Internet of Things dapat memantau pemakaian energi secara real time dalam penghematan energi, dan memantau para penggunanya.

Sebagai contoh penggunaan Internet of Things di rumah misalnya saat penghuni masuk rumah di malam hari, maka lampu akan menyala.

Kemudian saat penghuni rumah akan tidur, secara otomatis akan mati. Keesokan paginya, jika terdapat taman di rumah, maka ada mesin yang menyiram secara otomatis.

Bahkan saat kehabisan stok bahan makanan, kulkas bisa memesan stok makanan sendiri ketika habis. Semuanya terintegrasi dengan baik layaknya rumah pintar.

Medis dan Kesehatan 

Teknologi Internet of Things juga ikut berkermbang di dalam dunia medis dan kesehatan.

Seperti contohnya adalah jam tangan pintar saat ini yang dapat memberikan informasi mengenai detak jantung, tingkat gula darah, dan lain-lain.

Bisnis 

Keterkaitan antara internet pada e-commerce memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sebuah bisnis.

Para pengusaha kecil atau pebisnis pemula pun berpotensi untuk berkembang maju menembus pasar berkat bantuan teknologi canggih masa kini.

Teknologi dari Internet of Things menjadi titik awal baru dunia digital dalam sebuah bisnis. Hal ini akan membawa era yang baru dalam pertumbuhan dan peningkatan profitabilitas bagi bisnis yang memanfaatkan teknologi Internet of Things.

Manfaat yang pertama dari teknologi Internet of Things pada bidang bisnis adalah menghemat biaya operasional.

Dalam sebuah bisnis tentunya bertujuan untuk menghasilkan profit yang bagus dengan minimum pengeluaran.

Internet of Things akan membantu bisnis untuk memangkas biaya operasional demi peningkatan profit. Peran Internet of Things dapat meningkatkan proses control kualitas serta mampu memprediksi adanya kegagalan peralatan pada jalur produksi.

Penggunaan Internet of Things akan membantu bisnis mengurangi biaya energi dengan memakai solusi yang lebih cerdas.

Selanjutnya manfaat Internet of Things yaitu dapat memaksimalkan produktivitas pada bisnis atau usaha.

Produsen bisa memaksimalkan produktifitas ketika sudah mengetahui produk apa yang paling banyak konsumen minati, mengetahui asal mula datangnya permintaan dan tingkat persaingannya.

Disitulah peran Internet of Things yang bertindak sebagai game-changer.

Terakhir, teknologi Internet of Things di dalam bisnis akan memberikan kepuasan bagi para pelanggan atau penggunanya.

Tujuan utama bisnis salah satunya yaitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka penggunaan Internet of Things dapat menjadi alat terbaik untuk mewujudkannya.

Dengan fungsinya sebagai perangkat yang mengumpulkan data, teknologi Internet of Things akan membantu bisnis dalam mengidentifikasi ketidakpuasan para pelanggan mereka dan mengambil tindakan proaktif atau reaktif seperti yang telah ada di dunia perbisnisan.

References :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *